Selasa, 19 Maret 2013

INFO PMDK POLBAN 2013

Informasi Umum PMDK 2013 POLBAN

LATAR BELAKANG

Berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Politeknik Negeri Bandung menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru untuk memenuhi kuota di tiap Program Studi yang dimilikinya
Politeknik Negeri Bandung adalah Institusi Pendidikan Tinggi yang mempunyai mandat menyelenggarakan pendidikan Vokasi pada jenjang Pendidikan Diploma III (Sarjana Muda dengan gelar Ahli Madya/A, Md.) dan Diploma IV (Setingkat Sarjana dengan gelar Sarjana Sains Terapan/ S, ST.) yang sampai saat ini telah mempunyai 10 Jurusan, terdiri dari 32 Program Studi dalam bidang Teknik/Rekayasa dan Bidang Tata Niaga/Non Rekayasa dengan rincian
NO.URAIANJUMLAHNAMA PROGRAM STUDI
1Program Studi Diploma III Teknik/ Rekayasa12 ProgramTeknik Konstruksi Gedung, Teknik Konstruksi Sipil, Teknik Mesin, Aeronautika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Konversi Energi, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Analis Kimia, Teknik Informatika
2Program Studi Diploma III Non Teknik/Tata Niaga6 ProgramAkuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Pemasaran, Bahasa Inggris
3Program Studi Diploma IV Teknik/Rekayasa10 ProgramTeknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Otomasi Industri, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia Produksi Bersih, Teknik Informatika
4Program Studi Diploma IV Non Teknik/Tata Niaga4 ProgramAkuntansi Manajemen Pemerintahan, Keuangan Syariah, Administrasi Bisnis, Manajemen Aset

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Bandung adalah melalui jalur Penelusuran Minat Dan kemamapuan (PMDK) yang terdiri dari 2, yaitu PMDK Akademik (AK) dan PMDK Beasiswa Bidik Misi (BM). Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung melalui jalur PMDK lebih mengedepankan pada minat dan prestasi siswa yang terekam pada raport sejak semester 1 sampai dengan semester 5 serta prestasi kejuaraan, baik tingkat Internasional, Nasional, Daerah, maupun Sekolah sehingga kejujuran pengisian dan penyampaian data sangat dijunjung tinggi.
Sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah diberi kepercayaan merekomendasikan siswanya untuk mendaftar melalui jalur PMDK Politeknik Negeri Bandung.

TUJUAN

  1. Untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai minat yang sesuai untuk melanjutkan studi di Politeknik Negeri Bandung.
  2. Meningkatkan kesamaan/kesetaraan kesempatan bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK dari seluruh Indonesia.
  3. Memberikan kesempatan studi kepada calon mahasiswa yang mempunyai minat dan kemampuan akademik dan memperoleh prestasi dibidang akademik, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler minimal di tingkat Sekolah.
  4. Memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang berprestasi sesuai dengan kriteria point ke-3 di atas namun kurang mampu secara ekonomi.

PERSYARATAN UMUM

  1. Semua Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA/SMK/MA/MAK) tanpa menunggu undangan dari Politeknik Negeri Bandung berhak mendaftarkan siswanya,apabila ada siswa yang berminat mendaftar ke Politeknik Negeri Bandung melalui alamat: pmdk.polban.ac.id.
  2. Bagi SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai akreditasi A maka 50% siswa terbaik dapat mendaftarkan diri pada seleksi PMDK Politeknik Negeri Bandung.
  3. Bagi SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai akreditasi B maka 25% siswa terbaik dapat mendaftarkan diri pada seleksi PMDK Politeknik Negeri Bandung.
  4. Bagi SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai akreditasi C maka 15% siswa terbaik dapat mendaftarkan diri pada seleksi PMDK Politeknik Negeri Bandung.
  5. Bagi SMA/SMK/MA/MAK yang belum terakreditasi maka 5% siswa terbaik dapat mendaftarkan diri pada seleksi PMDK Politeknik Negeri Bandung.

PERSYARATAN KHUSUS

UNTUK SEKOLAH

  1. Pihak Sekolah wajib membuat ranking siswa. Ranking siswa didapatkan melalui perhitungan secara kumulatif nilai raport dengan mata pelajaran yang akan di ujikan dalam ujian Nasional dari semester 1 s.d 5.
  2. Proses mendapatkan ranking siswa Jurusan IPA terpisah dengan Jurusan IPS dan Bahasa (Jurusan Bahasa masuk dalam klasifikasi Jurusan IPS), untuk SMK/MAK sesuai dengan rumpun jurusannya.
  3. Pihak Sekolah menghitung rata-rata perolehan skor Ujian Nasional 3 tahun terakhir, khusus sekolah yang baru meluluskan dan akan meluluskan maka pengisian skor Ujian Nasional sesuai dengan data yang dimilikinya (2 tahun/1 tahun/belum ada data karena baru akan melulusan pada tahun 2013).
  4. Jumlah siswa kelas XII dan akreditasi sekolah menentukan kuota jumlah pendaftar per sekolah.

UNTUK SISWA

  1. Peserta adalah calon lulusan SMA/SMK/MA/MAK.
  2. Direkomendasi oleh Sekolah.
  3. Siswa dari SMA/MA jurusan IPA dapat memilih satu Program Studi Teknik/Rekayasa atau satu Program Studi Non Teknik/Tata Niaga. Siswa dari SMA/MA jurusan IPS hanya dapat memilih satu Program Studi Non Teknik/Tata Niaga. Siswa dari SMK/MAK hanya boleh memilih Program Studi sesuai dengan rumpun jurusannya. 
  4. NO.PROGRAM STUDIJENJANGRUMPUN JURUSAN SMK/MAK
    1Teknik Konstruksi GedungD3BANGUNAN, KONSTRUKSI KAYU, GAMBAR BANGUNAN
    2Teknik Konstruksi SipilD3BANGUNAN, KONSTRUKSI KAYU
    3Teknik Perancangan Jalan dan JembatanD4BANGUNAN, KONSTRUKSI KAYU, GAMBAR BANGUNAN, GAMBAR BANGUNAN
    4Teknik Perawatan dan Perbaikan GedungD4BANGUNAN, KONSTRUKSI KAYU, GAMBAR BANGUNAN
    5Teknik MesinD3MEKANIK, PERMESINAN, OTOMOTIF, MESIN PERKAKAS, KONTROL MEKANIK
    6AeronautikaD3MESIN, PESAWAT TERBANG, KONTROL MEKANIK
    7Teknik Perancangan dan Konstruksi MesinD4MEKANIK, PERMESINAN, OTOMOTIF, MESIN PERKAKAS, KONTROL MEKANIK
    8Teknik Pendingin dan Tata UdaraD3MESIN, PENDINGIN DAN TATA UDARA, ELEKTRO, KONTROL MEKANIK
    9Teknik Pendingin dan Tata UdaraD4MESIN, PENDINGIN DAN TATA UDARA, ELEKTRO, KONTROL MEKANIK
    10Teknik Konversi EnergiD3MESIN, ELEKTRO, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    11Teknologi Pembangkit Tenaga ListrikD4MESIN, LISTRIK/ARUS KUAT, ELEKTRO, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    12Teknik ElektronikaD3ELEKTRO, ELEKTRO INDUSTRI, MULTIMEDIA, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    13Teknik ListrikD3PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK, LISTRIK INDUSTRI, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    14Teknik TelekomunikasiD3ELEKTRO, ELEKTRO INDUSTRI, MULTIMEDIA, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    15Teknik ElektronikaD4ELEKTRO, ELEKTRO INDUSTRI, MULTIMEDIA, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN, KONTROL MEKANIK, KONTROL PROSES
    16Teknik Otomasi IndustriD4PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK, LISTRIK INDUSTRI, KONTROL MEKANIK, ELEKTRO INDUSTRI, LISTRIK/ARUS KUAT, KONTROL PROSES
    17Teknik TelekomunikasiD4ELEKTRO, ELEKTRO INDUSTRI, KONTROL MEKANIK, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN, KONTROL PROSES
    18Teknik KimiaD3KIMIA INDUSTRI, ANALIS KIMIA, KIMIA TEKSTIL, FARMASI
    19Analis KimiaD3KIMIA INDUSTRI, ANALIS KIMIA, KIMIA TEKSTIL, FARMASI
    20Teknik Kimia Produksi BersihD4KIMIA INDUSTRI, ANALIS KIMIA, KIMIA TEKSTIL, FARMASI
    21Teknik InformatikaD3REKAYASA PERANGKAT LUNAK
    22Teknik InformatikaD4REKAYASA PERANGKAT LUNAK
    23AkuntansiD3AKUNTANSI, EKONOMI
    24Keuangan dan PerbankanD3AKUNTANSI, EKONOMI
    25Akuntansi Manajemen PemerintahanD4AKUNTANSI, EKONOMI
    26Keuangan SyariahD4AKUNTANSI, EKONOMI
    27Administrasi BisnisD3ADMINISTRASI PERKANTORAN
    28Usaha Perjalanan WisataD3PARIWISATA, PERHOTELAN, AKOMODASI, RESTORAN, PATISERI, TATA BOGA
    29Manajemen PemasaranD3PENJUALAN, PEMASARAN
    30Administrasi BisnisD4ADMINISTRASI PERKANTORAN
    31Manajemen AsetD4ADMINISTRASI PERKANTORAN
    32Bahasa InggrisD3Semua Jurusan SMK
  5. Khusus siswa yang akan memilih Program Studi Bahasa Inggris wajib memiliki nilai mata pelajaran bahasa Inggris dari semester 1 sampai dengan 5, minimal 7,5 (tujuh koma lima).

PERSYARATAN KHUSUS PESERTA BEASISWA BIDIK MISI

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus tahun 2013.
  2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima beasiswa bidik misi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru masing-masing perguruan tinggi.
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Kurang mampu secara ekonomi, yaitu pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,- per bulan, pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 600.000,- per bulan.
  5. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (strata 1) atau D4 (Diploma IV).

JADWAL PENDAFTARAN

NO.URAIANMULAISELESAI
1Pendaftaran PMDK4 Maret 201330 April 2013
2Pengumuman Kelulusan PMDK15 Mei 2013
3Daftar Ulang Calon Mahasiswa Jalur PMDK melalui on line27 Mei 201329 Mei 2013
Info Situs Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana :
  • Informasi resmi mengenai Seleksi Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bandung dapat diakses melalui laman http://pmdk.polban.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Telephone 022-2013789 (ext.217,369 dan 221) atau langsung ke 022-2007797, Email: pmdk@polban.ac.id.
  • Alamat Panitia: Sekretaris Pembantu Direktur Bidang Akademik, Gd. Direktorat Lt. 2, Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga Bandung,40012 kotak pos 1234.

LAIN LAIN

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN PIHAK SEKOLAH DAN SISWA

  • Apabila peserta sudah dinyatakan lulus seleksi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung Tahun Akademik 2013/2014 tetapi dinyatakan tidak lulus ujian SMK/SMK/MA/MAK, maka kelulusan sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung dinyatakan BATAL.
  • Pengiriman berkas oleh Sekolah atau Per orangan dilakukan maksimal 7 (tujuh) hari kalender setelah pihak Sekolah melakukan Generate nomor pendaftaran dan PIN.
  • Nomor pendaftaran dan PIN yang dipergunakan melampaui batas waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak pihak Sekolah melakukan Generate nomor pendaftaran dan PIN tidak dapat dipergunakan lagi.

BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran seleksi mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung melalui jalur PMDK ditanggung oleh Pemerintah/GRATIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar